BeritaKesehatanPolitik

Resmikan Poliklinik Terpadu RSUD Depati Hamzah, Puan: Negara Harus Sediakan Layanan Kesehatan yang Berkualitas kepada Rakyat

BIMATA.ID, Babel – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Puan Maharani, meresmikan Poliklinik terpadu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah, Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel).

Dalam peresmian itu, Puan menekankan pentingnya memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat.

Fasilitas Poliklinik baru tersebut mengintegrasikan pelayanan 27 klinik dokter spesialis yang tadinya terpisah dalam 3 blok gedung. Dengan pengintegrasian itu, masyarakat tidak perlu lagi kerepotan.

“Di dalam konstitusi kita sudah tertulis jelas bahwa, setiap warga negara Indonesia berhak memperoleh layanan kesehatan. Artinya, sudah menjadi tugas negara untuk menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas kepada rakyat,” ungkapnya, dalam acara peresmian Poliklinik terpadu RSUD Depati Hamzah, Pangkalpinang, Babel, Senin (20/06/2022).

Puan menyebut, pemerintah pusat dan daerah punya kewajiban merealisasikan amanat konstitusi tersebut. Ia menyambut baik peningkatan layanan kesehatan di RSUD Depati Hamzah lewat pembangunan fasilitas layanan kesehatan baru, yang di dalamnya sudah tersedia farmasi rawat jalan serta berdekatan dengan UGD dan Radiologi.

Insya Allah kita harapkan rakyat yang datang ke RSUD Depati Hamzah tidak lagi merasa repot, tetapi pasien datang ke sini tahu bahwa akan mendapat layanan kesehatan yang berkualitas, ramah, dan membuat nyaman,” papar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) V ini mengingatkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, serta para tenaga kesehatan agar menjadi yang terdepan dalam mempromosikan pola hidup sehat kepada masyarakat.

Mulai dari aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, serta tidak merokok dan memeriksa kesehatan secara rutin. Termasuk, membersihkan lingkungan juga menggunakan jamban.

“Sebab, jika kita ingin Indonesia sehat, jika kita ingin masyarakat Indonesia benar-benar sehat, maka peningkatan kualitas layanan kesehatan harus bergerak berdampingan dengan upaya preventif kesehatan,” tegas mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Masyarakat dan Kebudayaan (Menko PMK) RI ini.

Puan mengatakan, tak ingin peresmian Poliklinik hanya sekadar seremoni. Ia ingin fasilitas kesehatan membangkitkan pola hidup sehat masyarakat.

“Semangat Indonesia yang sehat untuk mencapai Indonesia yang raya,” katanya.

Usai melakukan peresmian secara simbolis, Puan selanjutnya meninjau Poliklinik Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah didampingi Direktur RSUD Depati Hamzah, Della Rianadita. Di bagian pendaftaran, ia berbicang dengan sejumlah pasien, termasuk mengenai pelayanan BPJS di rumah sakit tersebut.

Puan juga meninjau ruangan dan fasilitas di sejumlah klinik seperti klinik mata, gigi, dan jantung. Ia kemudian berdialog dengan sejumlah dokter RSUD Depati Hamzah.

Turut hadir dalam peresmian Poliklinik Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah, yakni Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, dan sejumlah Forkopimda.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close