Berita

DPKP Kabupaten Tangerang Lakukan Penyemprotan Disinfektan di 9 Titik Peternakan

BIMATA.ID, Tangerang – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang melakukan penyemprotan desinfektan terhadap  hewan ternak di 9 lokasi peternakan yang ada di Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno menjelaskan, penyemprotan ini dilakukan secara serentak untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Ada 9 peternak di 6 kecamatan yang hari ini kami lakukan penyemprotan, yaitu di Kecamatan Curug, Panongan, Kelapa Dua, Pagedangan, Sepatan, dan Solear. Hal Ini kami lakukan untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran PMK pada hewan ternak,” ucapnya, Jumat (03/06/2022).

Ia mengatakan, DPKP Kabupaten Tangerang juga membentuk tim Satgas Intenal  Pengendalian dan Pencegahan PMK. Tim tersebut nantinya bertugas untuk mengawasi agar wabah PMK ini tidak meluas di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Kita juga sudah melakukan koordinasi dengan lintas sektor untuk membentuk tim Satgas Lintas sektor yang melibatkan TNI/Polri , Dishub dan OPD terkait selain itu kami juga akan dibantu oleh  persatuan dokter hewan indonesia dengan menggerakan  90 dokter hewan dan 10 dokter hewan  dsn petugas dari DPKP yang akan melakukan pengawasan dan pengecekan kepada hewan,” ucapnya.

Sebagai  informasi, DPKP Kabupaten Tangerang juga sudah melakukan pendataan hewan di 231 desa. Menurut data yang diterima per tanggal (31/05), di Kabupaten Tangerang sendiri terdapat 2.594 ekor sapi, 1.221 kerbau, 11.249 kambing, 26.300 domba, dan 484 babi dan insyaallah dlm waktu 1 atau 2 hari data popoladi ternak dari seluruh desa dan kelurahan d Kab. Tangerang dapat kita ketahui.

Dia berpesan kepada para peternak di Kabupaten Tangerang untuk selalu menjaga kebersihan kandang, hewan, dan juga pakan ternak.

“Allhamdulillah dari sapi dan juga hewan ternak yang kami lakukan pendataan semuanya dalam kondisi sehat. Kami juga berpesan kepada seluruh para peternak yang ada di Kabupaten Tangerang untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan hewan ternaknya, dan juga selalu perhatikan kesehatan hewan ternak,” tuturnya.

Tulisan terkait

Bimata
Close