BeritaEkonomiNasionalPendidikanSains & TekUMKMUmum

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemerintah Alokasikan Rp542 Triliun Untuk Sektor Pendidikan

BIMATA.ID, Jakarta- Saat ini, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan modal utama dalam mencapai tujuan pembangunan nasional di Indonesia.

Dalam hal ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, Pemerintah akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia, yang pada tahun 2022 telah dialokasikan anggaran untuk sektor pendidikan mencapai Rp 542,8 triliun.

“Dengan berbagai tantangan yang terjadi, kita tetap memandang perekonomian Indonesia di tahun 2022 ini secara optimis. Indonesia telah memiliki landasan yang baik dimana ekonomi berhasil tumbuh sebesar 3,7 persen y-on-y pada tahun 2021,” jelasnya.

Selain sektor pendidikan, Indonesia dengan julah penduduk usia produktif yang mencapai lebih dari 191 juta orang dan Sebagian masyarakatnya merupakan generasi Z dan generasi milenial diharapkan dapat mengoptimalkan peluang digitalisasi dalam berbagai sektor.

“Saat ini telah muncul gelombang teknologi baru seperti jaringan 5G, Internet of Things, blockchain, artificial intelligence, dan cloud computing yang dapat di manfaatkan lebih lagi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital,” jelasnya.

Di samping itu, Pemerintah juga terus mendorong penguatan ekosistem UMKM melalui Digitalisasi UMKM sehingga dapat meningkatkan produktivitas UMKM, serta mendorong partisipasi UMKM Indonesia dalam ekosistem ekonomi digital melalui dua pendekatan utama yakni Penguatan Ekosistem UMKM/IKM dan Penguatan Ekosistem e-Commerce.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close