Berita

Tina Wiryawati Menanggapi Wacana WFH Bagi ASN Provinsi Jabar Butuh Kajian Mendalam

BIMATA.ID, Bandung – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Jawa Barat (Jabar), Tina Wiryawati menanggapi wacana work from home (WFH) bagi ASN Provinsi Jawa Barat harus ada dasar kajian yang mendalam untuk dampak positif dan negatifnya.

“WFH permanen menurut saya harus dikaji lebih mendalam lagi ke efektivitasnya jangan sampai malah jadi kontra produktif. Sebelum dijadikan kebijakan yang permanen, sebaiknya diadakan kajian yang komprehensif,” katanya, Kamis (12/5/2022).

Srikandi Partai Gerindra itu juga mengatakan kajian ini harus dilakukan di semua bidang tugas ASN, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik di internal pemerintahan maupun eksternal kepada masyarakat.

“Terutama bidang-bidang yang berkaitan langsung dengan masyarakat serta bidang-bidang yang tidak bisa dilakukan dengan WFH,” ucapnya.

Tina menjelaskan untuk tugas di bidang penelitian, analisis, tugas lapangan, dan tugas administrasi, katanya, memang kemungkinan besar dapat dilakukan juga secara WFH, yang perlu diperhatikan diantaranya absensi dan pemantauan tugas mereka selama WFH atau di lapangan.

“Untuk bidang-bidang research atau bidang-bidang yang sifatnya administrasi mungkin saja bisa dilaksanakan secara remote job atau WFH. Untuk absensi secara elektronik juga diharapkan sudah teruji bahwa langkah tersebut sudah dilakukan dengan benar, jangan nanti justru ditemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close