BeritaInternasionalKesehatanPolitik

Terima Kunjungan Wapres Zambia, Presiden Jokowi Ingin Perkuat Kerja Sama di Sektor Kesehatan

BIMATA.ID, Bali – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), menerima Wakil Presiden (Wapres) Zambia, W K Mutale Nalumango. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas upaya penguatan kerja sama di sektor kesehatan.

“Bapak Presiden juga menyampaikan keinginan perusahaan-perusahaan farmasi Indonesia berkontribusi memperkuat sektor kesehatan di Zambia, terutama pemenuhan vaksin yang diperlukan,” tutur Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi selepas pertemuan di Bali, Rabu (25/05/2022).

Selain kesehatan, Presiden Jokowi ingin memperkuat kerja sama di bidang ekonomi. Kepala Negara berharap, ke depan ekspor Indonesia termasuk crude oil palm, kertas, dan pakaian jadi dapat terus ditingkatkan ke Zambia.

Presiden Jokowi menyampaikan informasi bahwa, beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI sedang menjajaki kerja sama di Zambia. Retno menyebut, pada bidang perkeretaapian, PT INKA bekerja sama dalam penyediaan lokomotif untuk proyek Zambia Railway dari Victoria Falls menuju Kota Chingola.

“Selain itu, ada BUMN Indonesia yang juga sedang menjajaki kerja sama dalam konteks perluasan dan modernisasi terminal Bandara Internasional Lusaka,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Mutale menyampaikan, pentingnya kedua negara melakukan pertemuan. Dia berkeinginan, agar Indonesia bisa membantu meningkatkan kapasitas sektor-sektor yang diperlukan Zambia, antara lain bidang manajemen kebencanaan dan pertambangan.

“Tadi juga disebutkan keinginan bekerja sama dalam capacity building masih, tetapi juga sebagai tambahan di bidang pertanian,” ucapnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close