Regional

Serahkan Bandara Sorowako, Andi Sudirman Puji Kontibusi PT Vale

BIMATA.ID, Makassar – Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memuji kontribusi dan komitmen PT Vale Indonesia dalam mendukung Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Luwu Timur.

Hal itu menurut Sudirman, dapat dilihat dari penyerahan aset berupa Bandar Udara Sorowako untuk dikelola Pemprov Sulsel.

Sudirman menyebut, PT Vale dapat menjadi contoh implementasi sistem pertambangan nasional. Perseroan itu dinilainya telah berhasil menata sistem pertambangan dan dapat menjadi percontohan di Indonesia. Tidak banyak perusahaan tambang yang dapat berkontribusi besar bagi daerah.

“Bagusnya lagi ini salah satu bentuk komitmen PT Vale, tidak banyak (perusahaan tambang) yang mau seperti ini (menyerahkan aset bandara). Coba cek, banyak yang tidak bisa berbuat banyak, ini (PT Vale) luar biasa,” kata Sudirman saat menghadiri HUT Kabupaten Luwu Timur ke-19, Kamis (12/5/2022).

“PT Vale juga bisa menjadi contoh sistem pertambangan di nasional di Indonesia. Orang-orang di sini (PT Vale) termasuk bagus dalam menata sistem pertambangan. Saya tahu, karena saya lama di perusahaan asing dan tahu itu,” lanjut pria berlatar belakang karyawan perusahaan ini.

Pada kesempatan itu, Sudirman mewakili masyarakat dan pemerintah provinsi juga berterima kasih kepada PT Vale atas penyerahan Bandara Sorowako secara resmi.

Ia bercerita bahwa upaya pengelolaan Bandara Sorowako digagas sejak 2021. Adapun wacana pengalihan pengelolaan sudah muncul sejak lama, di mana sejumlah gubernur berganti dan baru tahun ini bisa diwujudkan.

“Alhamdulillah, ini jadi kabar baik khususnya untuk masyarakat Luwu Raya. Setelah perjuangan bertahun-tahun, PT Vale akhirnya menyerahkan Bandara Sorowako kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.”

“PT Vale sebagai perusahaan multinasional nasional hari ini menunjukkan niat baik untuk terus berkontribusi bagi masyarakat Sulsel dan Luwu Raya pada khususnya. Mudah-mudahan komitmen ini akan terus berlanjut khususnya komitmen untuk membantu kemajuan daerah Luwu Timur dan Sulsel,” ucapnya.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close