BeritaPeristiwaRegionalTravelUmum

Posko Pemantauan Mudik Lebaran Resmi Ditutup

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menutup Posko Angkutan Mudik Terpadu Lebaran 2022 (1443 H) pada, Selasa (10/05/2022).

Berdasarkan pantauan selama pelaksanaan arus mudik dan balik, kendaraan pribadi mendominasi pergerakan mudik dan jumlah kecelakaan menurun.

Budi menilai, hal tersebut dilihat dari jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol yang keluar Jabodetabek pada Lebaran 2022 mengalami peningkatan sebanyak 1.7 persen lebih tinggi dari Lebaran 2019. Sementara itu, jumlah kendaraan yang masuk Jabodetabek mengalami peningkatan sebanyak 11.8 persen dibandingkan dengan Lebaran 2019.

“Riset kami bahwa kendaraan pribadi mendominasi sekitar 47 persen dari total pergerakan memang terbukti dan pergerakannya ada di waktu-waktu tertentu. Jadi ini harus dikelola dengan baik,” ungkapnya, Selasa (10/05/2022).

Kendati penggunaan kendaraan pribadi meningkat, Budi mengeklaim terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas sebesar 45 persen. Hal tersebut, lanjutnya, berdasarkan data dari Kepolisian.

Menurutnya, Penurunan angka kecelakaan disebabkan oleh penurunan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor. Apalagi, pemerintah, swasta, dan BUMN juga menyediakan sejumlah program mudik gratis.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena sangat berisiko,” pungkasnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close