BeritaPolitik

Peringati May Day, Besok Buruh di Jatim Gelar Demo

BIMATA.ID, Jatim – Buruh di Provinsi Jawa Timur (Jatim) akan menggelar demo besok, Sabtu, 14 Mei 2022. Demo ini digelar untuk memperingati Hari Buruh Dunia atau May Day yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2022 lalu.

Demo akan diikuti buruh dari berbagai elemen, seperti Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Titik demo akan difokuskan di Jalan Gubernur Suryo, depan Gedung Grahadi, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jatim.

Ketua DPD SPN Provinsi Jatim, Nuryanto menyampaikan, demo KSPI akan diikuti perwakilan saja dari berbagai elemen buruh di Provinsi Jatim. Hal tersebut dilakukan karena situasi pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, ujar Nuryanto, demo yang akan dilakukan besok murni perjuangan dari buruh. Dirinya menolak jika demo yang dilakukan ada kepentingan politik.

“Aksi kami Sabtu besok tidak ada tumpangan politik mana pun, murni perjuangan serikat pekerja,” ujarnya, Jumat (13/05/2022).

Sementara, Wakil Ketua Bidang Organisasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Provinsi Jatim, Jhonson Simanjutak menguraikan, akan mendukung rencana demo para buruh. Meski demikian, para buruh yang demo harus memperhatikan sejumlah hal.

Hal tersebut terkait dengan pemulihan ekonomi dari masa pandemi dan demo harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Jhonson pun sepakat, jika demo hanya diikuti dari perwakilan para buruh.

Jhonson juga sepakat, jika demo buruh harus murni terkait perjuangan pekerja. Dirinya menolak, jika demo ditunggangi kepentingan politik.

“Karena perjuangan kawan serikat pekerja atau buruh, khusus untuk buruh dan pekerjaannya, bukan dengan kelompok atau pihak lain. Selain itu, dalam menyampaikan pendapat tidak harus dengan melibatkan banyak orang,” tutur Jhonson.

Demo peringatan Hari Buruh atau May Day itu baru digelar dua pekan usai tanggal 1 Mei sesuai dengan instruksi dari DPP KSPI. Instruksi ini menyebut, demo peringatan May Day akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 Mei 2022.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close