Regional

Danny Pomanto Perintahkan RT-RW Pantau Hepatitis Akut di Wilayahnya

BIMATA.ID, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memerintahkan RT/RW memantau rumah-rumah warga untuk mendeteksi keberadaan hepatitis akut pada anak.

“Jadi saya sudah perintahkan untuk dipantau di semua rumah-rumah,” kata Danny, Senin (9/5/2022).

Danny mengatakan siap untuk mengalihfungsikan Tim Detektor Covid-19 apabila ditemukan hepatitis akut di Makassar.

“Kan kita punya detektor kalau memang ada eskalasi tertentu. Sekarang belum ada ditemukan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Bachtiar Baso mengatakan, telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota, termasuk para direktur rumah sakit untuk segera melaporkan jika terdapat kasus hepatitis akut.

“Tentu kami kerjasamakan dengan seluruh Dinas Kesehatan, dan rumah sakit yang ada di kabupaten/kota, serta pintu masuk Sulsel di Kantor Kesehatan Pelabuhan yang ada di Makassar. Kami harus koordinasi sesuai dengan surat edaran Kemenkes, beberapa hal sudah dijelaskan,” kata Bachtiar.

Hepatitis akut dianggap misterius karena penyakit tersebut belum diketahui gejala pastinya. Penyebabnya masih dalam penelitian, termasuk juga dugaan kaitannya dengan varian-varian Covid-19.

“Sementara ini dalam penelitian para ahli di dunia. Kejadian ini pertama kali dilaporkan di Inggris Raya tepatnya di Skotlandia Tengah, dilaporkan anak usia 11 bulan sampai dengan 5 tahun, tapi sekarang setelah meningkat, bukan cuma 5 tahun tapi ada yang 16 tahun,” ucapnya.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close