BeritaEkonomiNasionalTravel

Pemerintah Impor Bus Listrik, Industri Karoseri Menjerit

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah tengah menggencarkan elektrifikasi kendaraan di sektor transportasi umum. Namun sayangnya, kebijakan yang diterapkan pemerintah saat ini dinilai belum berpihak kepada industri karoseri dalam negeri. Beberapa model bus listrik masih didatangkan secara utuh dari luar negeri.

Hal itu dikatakan oleh Technical Director Laksana, Stefan Arman. Menurutnya, pemerintah belum melibatkan partisipasi industri karoseri dalam negeri terkait pengadaan bodi bus listrik.

“Betul bahwa secara aturan, undang-undang, ada ketimpangan yang menurut saya kurang memihak terhadap industri dalam negeri perihal impor CBU (Completely Built Up) bus listrik,” ujar Arman, Semarang (19/04/2022).

Dirinya menjelaskan bahwa Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) sudah melayangkan surat kepada pihak terkait seperti Kementerian Perindustian dan Kementerian Perdagangan. Intinya pihak asosiasi menginginkan pemerintah mengajak serta industri karoseri dalam negeri untuk menyuplai kebutuhan bodi bus listrik.

“Ini sesuatu yang sudah kita layangkan melalui asosiasi karoseri di Indonesia, Askarindo, kepada baik itu Kementerian Perindustrian maupun Kementerian Perdagangan. Dan ini memang masih jadi pembicaraan. Tapi saya lihat belakangan ini memang ada itikad baik (dari pemerintah). Cuma memang dalam segi undang-undangnya masih digodok. Jadi ini yang masih kita tunggu dari pemerintah untuk benar-benar secara perundang-undangannya harusnya memihak industri (karoseri) dalam negeri,” sambungnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close