BeritaKesehatanNasionalSains & TekUmum

Kurangi Kemacetan, Tjahjo Imbau Instansi Pemerintah Atur Jadwal WFH Selama Seminggu Kedepan

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengimbau kepada seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) agar instansi pemerintah menerapkan kebijakan work from home (WFH) yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan saat arus balik Lebaran..

Dalam hal ini, Tjahjo menyarankan PPK mengatur jadwal WFH pegawai di instansi masing-masing agar WFH bisa diterapkan selama satu minggu selama puncak arus balik lebaran pada 8 Mei 2022.

“Saya setuju dengan pendapat Kapolri agar instansi pemerintah menerapkan kebijakan WFH. Seluruh PPK diharapkan mengatur pembagian jadwal agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan,” jelas Tjahjo Kumolo, Jumat (06/05/2022).

Menteri Tjahjo menegaskan WFH tidak akan mengganggu pelayanan, urusan administrasi, serta layanan pemerintahan lainnya.

Itu sebabnya saat ini seluruh instansi telah menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memungkinkan aparatur sipil negara (ASN) bekerja tanpa batas ruang dan fleksibel menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang telah digunakan saat ini.

Penerapan WFH juga dinilai sebagai ide yang baik setelah para ASN dan keluarganya kembali dari kampung halaman. Mengingat Covid-19 belum hilang sepenuhnya dari Indonesia, sistem kerja dari rumah juga bisa dijadikan kesempatan untuk isolasi mandiri selama beberapa hari ke depan.

 

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close