BeritaEkonomiNasionalPeristiwaUmum

Ketua MPR Ingatkan Pemerintah Cegah Dampak Urbanisasi

BIMATA.ID, Jakarta- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan, adanya urbanisasi setelah Idulfitri merupakan hal yang rutin terjadi, ketika sejumlah orang yang ingin mengadu nasib dan mencari pekerjaan di Kota Megapolitan DKI Jakarta.

Hal ini merupakan fenomena sosial yang terjadi di Jakarta. Karena itu, pria yang karib disapa Bamsoet ini meminta pemerintah daerah (Pemda), khususnya Pemda DKI Jakarta, melakukan antisipasi terhadap lonjakan jumlah pendatang di wilayah ibu kota negara.

“Serta bekerja sama dengan kementerian terkait untuk memberdayakan mereka, sehingga tidak menyebabkan terjadinya pengangguran yang sekaligus meningkatkan kemiskinan dan kejahatan,” kata Bamsoet, Senin (09/05/2022).

Bamsoet juga meminta Pemerintah pusat memperluas berbagai aktivitas ekonomi dan industrialisasi, untuk mengatasi fenomena urbanisasi tersebut. Sehingga tidak tersentralistik hanya di wilayah ibu kota saja.

“MPR menyarankan agar perluasan aktivitas ekonomi dan industrialisasi tersebut dapat merambah ke berbagai sektor dan wilayah, sehingga masyarakat tetap bisa mendapatkan penghasilan walaupun tidak melakukan urbanisasi ke wilayah Ibu kota,” tegas Bamsoet.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close