BeritaEdukasiKesehatanUmum

Jappdi Minta Pemerintah Edukasikan ke Masyarakat Agar Tidak Panik Hadapi Wabah PMK

BIMATA.ID, Jakarta- Jaringan Pemotongan dan Pedagang Daging Indonesia (Jappdi) meminta pemerintah untuk mengedukasi masyarakat agar tidak panik menghadapi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).
Ketua Umum Jappdi Asnawi mengatakan masyarakat tidak perlu panik karena PMK hanya menular pada sesama hewan.

“Mestinya ada mediasi yang bersifat edukasi dari pemerintah untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa penyakit tersebut tidak menakutkan sama sekali dan tidak menularkan kepada manusia,” ujar Asnawi, Rabu (11/05/2022).

Sementara, ia menilai langkah pemerintah menangani PMK sudah benar sejauh ini. Salah satunya adalah mengisolasi hewan ternak yang berasa di wilayah yang terjangkit PMK.

“Langkah yang diambil presiden sangat tepat sekali karena penyakit PMK adalah suatu penyakit yang sangat menular khususnya penularannya antar hewan, bukan kepada manusia,” ujar Asnawi.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan wabah PMK tak menular dari hewan ke manusia. Menurut dia, wabah itu hanya menular ke sesama hewan.

“Terkait penyakit mulut dan kuku, kami diskusikan dengan WHO dan badan kesehatan hewan bahwa penyakit mulut dan kuku domainnya di hewan, tak ada yang loncat ke manusia,” pungkasnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close