BeritaHukumPolitik

Gerindra Beri Catatan Khusus Soal Aturan Pelonggaran Penggunaan Masker

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Kamrussamad, meminta masyarakat tidak lengah dengan kebijakan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengenai pelonggaran penggunaan masker.

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini juga menyampaikan, kebijakan pelonggaran penggunaan masker saat ini sudah tepat. Namun, ada sejumlah catatan khusus yang perlu diperhatikan.

“Pelonggaran penggunaan masker, terutama di outdoor merupakan kebijakan yang harus dilihat dalam kerangka transisi menuju endemi Covid-19. Di sisi lain, saat ini penanganan Covid-19 sudah semakin terkendali. Jadi, ini keputusan yang berani dan sudah tepat,” tutur Kamrussamad, Rabu (18/05/2022).

Kamrussamad mengingatkan, ada sejumlah catatan khusus agar kebijakan itu efektif. Pertama, masyarakat jangan menyikapi pelonggaran penggunaan masker secara euforia.

“Masyarakat tetap harus disiplin dalam menjaga imunitas. Meski di luar sudah boleh tidak menggunakan masker, tetapi kita bisa menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Jika kiranya di kerumunan, sebaiknya kita tetap siapkan masker,” pungkasnya.

Di sisi lain, kementerian dan instansi terkait harus tetap meningkatkan literasi kesehatan masyarakat.

“Pandemi Covid-19 harus menjadi pelajaran penting bagi kita semua. Karena itu, early warning system terkait situasi serupa yang nantinya muncul harus tetap disiapkan,” imbuh legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi DKI Jakarta III ini.

Lebih lanjut, Kamrussamad juga meminta agar Pemerintah RI terus mengoptimalkan fasilitas kesehatan.

“Situasi terkendali saat ini jangan sampai membuat pemerintah lengah dan kendor untuk terus meningkatkan kualitas layanan faskes (fasilitas kesehatan). Ke depan, situasinya bisa saja berubah dan kita harus tetap siap antisipasi kondisi terburuk,” ucapnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close