BeritaHukumPolitik

20 Parpol Tandatangani Deklarasi Bersama Integritas

BIMATA.ID, Jakarta – Perwakilan dari 20 partai politik (parpol) menandatangani deklarasi bersama integritas parpol di Gedung Juang KPK RI, Jakarta Selatan, Rabu, 18 Mei 2022. Penandatanganan ini merupakan salah satu rangkaian acara Politik Cerdas Berintegritas yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI).

Diketahui, 20 parpol tersebut, yakni Partai Amanat Rakyat (PAN), Partai Beringin Karya (Berkarya), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat (PD), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP Indonesia), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Lalu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Aceh (PA), Partai Daerah Aceh (PD Aceh), Partai Nanggroe Aceh (PNA), dan Partai Suara Independen Rakyat Aceh (SIRA).

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah petinggi parpol yang menghadiri acara itu di antaranya Ketua Umum DPP Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo, Sekjen DPP PKS, Aboe Bakar Al Habsyi, Ketua Umum DPP PSI, Giring Ganesha, Wakil Ketua Umum DPP PPP, Arsul Sani, Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, dan Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat.

Dalam deklarasi tersebut, sejumlah substansi yang ditegaskan adalah parpol menjunjung tinggi integritas serta turut andil secara aktif dalam upaya pemberantasan korupsi.

Ketua KPK RI, Firli Bahuri dalam kata sambutannya berkeyakinan paprol saat ini telah memiliki kedewasaan dan kematangan dalam berdemokrasi.

“Kegiatan hari ini tidak lebih dari sebuah gedoran kepada seluruh anak bangsa untuk cinta kepada negerinya, untuk mengabdi kepada negerinya, yaitu negeri yang kita impikan, negeri yang bebas dari korupsi,” katanya.

Sementara di tempat yang sama, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari, mengapresiasi program Politik Cerdas Berintegritas yang digagas KPK RI.

“Kami menyambut baik program politik cerdas yang digelar oleh KPK, dan pada kesempatan hari ini sangat strategis karena yang diundang dan berkomitmen hadir adalah pimpinan partai politik,” ujarnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close