BeritaEkonomiNasionalPerikananSains & TekUmum

Upaya Pemerintah Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan Lewat Digitalisasi

BIMATA.ID, Jakarta-Asisten Deputi Keuangan Inklusif dan Keuangan Syariah Erdiriyo mengatakan, Pemerintah bersama stakeholder keuangan inklusif terus berupaya mengintegrasikan kegiatan ekonomi dan keuangan inklusif pada sektor perikanan guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sekretariat DNKI bersama mitra keuangan inklusif baik BUMN dan BUMD juga telah menyusun skema perluasan inklusi keuangan bagi nelayan melalui sinergi dan kolaborasi program sebagai implementasi yang konkret dari pelaksanaan Strategi Nasional Keuangan Inklusif,” jelasnya dalam kegiatan Focus Group Discussion Peningkatan Inklusi Keuangan bagi Nelayan anggota KNTI dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (07/04/2022.

Melalui sinergi dan kolaborasi berbagai program dalam rangka perluasan keuangan inklusif, nelayan tradisional dapat mengoptimalkan hasil perikanan melalui pengelolaan supply dan demand yang baik, mempermudah penyaluran subsidi, serta mendorong regenerasi nelayan dengan melahirkan nelayan milenial.

Integrasi kegiatan ekonomi dengan keuangan tersebut melibatkan berbagai pemangku kepentingan yang mencakup Pemerintah, nelayan, offtaker, lembaga keuangan, industri, dan lain sebagainya.

“Kolaborasi antara DNKI dengan Pemerintah Kota Pekalongan melalui digitalisasi pada ekosistem perikanan dapat mengangkat harkat hidup dan tingkat ekonomi khususnya bagi nelayan tradisional,” ujar Asep.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close