Regional

12.200 Tenaga Honorer Sulsel Dites Ulang Jelang Pengalihan ke Outsourcing

BIMATA.ID, Makassar – 12.200 tenaga honorer atau non ASN Pemprov Sulsel bakal dites ulang hari ini, Kamis (21/4/2022).

Kepala BKD Sulsel Imran Jausi mengatakan, tenaga non-ASN ini bakal dialihkan menjadi tenaga alih daya secara bertahap mulai 2023 mendatang.

“Tes ini kami laksanakan untuk 12 ribu lebih honorer, tujuannya untuk pemetaan karena ada keinginan kami bahwa tahun depan itu non-ASN akan beralih status menjadi outsourcing. Kami mau petakan dengan baik sekaligus mau lihat kualitasnya mereka,” kata Imran.

Tenaga non ASN ini dites berbasis Computer Assisted Test atau CAT. Tes akan meliputi wawasan kebangsaan, tes terkait pelayanan, pengalaman kerja hingga kontribusinya ke OPD tempat mereka bekerja.

Imran mengatakan, tes ini bukan untuk melakukan pemangkasan tenaga honorer. Dia menjamin tidak ada pengurangan. Malah tenaga non-ASN yang belum memenuhi standar diberi kesempatan untuk meningkatkan kapasitas.

“Tahun ini tidak ada pengurangan. Tahun depan baru rasionalisasi dengan beralih status dalam bentuk outsourcing. Kalau rendah nilainya, maka jadi tanggung jawab OPD untuk peningkatan kapasitasnya,” katanya.

Diketahui, pemerintah pusat menginginkan adanya tenaga lain selain ASN dan PPPK di instasi pemerintah.

Kebijakan pemerintah pusat tersebut disambut Pemprov Sulsel dengan rencana pengalihan tenaga honorer ke outsourcing.

(HW)

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close