BeritaEkonomiNasionalUMKMUmum

Tak Hanya Beri Modal, Pemerintah Diminta Lakukan Pendampingan ke Pelaku UMKM

BIMATA.ID, Jakarta- Ketua UKM IKM Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Ronald Wala mengatakan selain mengalokasikan APBN untuk belanja di dalam negeri, pemerintah juga dinilai perlu untuk memberikan pendampingan kepada UMKM.

Ronald menilai, dana belanja yang cukup besar tersebut sangat disayangkan apabila tidak terserap secara penuh untuk UMKM.

“Belum tentu bisa diserap oleh UKM kita, karena suply chain kita juga tengah terkendala,” ujar Ronald, Rabu (27/04/2022).

Selain itu, menurut Ronald saat ini dari sisi SDM dalam negeri juga masih perlu waktu untuk pembelajaran. Kemudian, kapasitasnya bisa melebihi target yang ditentukan dan dapat terserap oleh pemerintah.

“Ini kami semua mengharapkan ini merupakan program jangka panjang, dan juga SDM nya, tahun depan akan menjadi pembelajaran yang baru sehingga penerapan bisa lebih efektif,” jelasnya.

Dia berharap program ini tidak hanya sekedar melakukan transaksi saja, namun juga dapat berkelanjutan secara sistem maupun SDM-nya. Salah satu caranya adalah memberikan pendampingan kepada UMKM tersebut.

“Kita feedback yang bagus, sehingga tahun depan bisa secara harga, kualitas dan kuantitas bisa terus tumbuh,” ucapnya.

 

(zbp)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close