BeritaNasionalUmum

Strategi Pemerintah Atasi Kemacetan Selama Mudik Lebaran 2022

BIMATA.ID, Jakarta- Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan skema manajemen lalu lintas untuk mengatasi kemacetan selama mudik Lebaran.

Pihaknya sudah menyiapkan empat skema manajemen rekayasa lalu lintas, yaitu pengalihan kendaraan barang, one way, contra flow, dan ganjil genap.

“Kami kan sudah melakukan simulasi peningkatan traffic di jalan tol terutama dan traffic management yang kami rencanakan dari beberapa skema managemen rekayasa lalu lintas,” ucapnya, Selasa (19/04/2022).

Menurutnya, hasil terbaik dari simulasi peningkatan lalu lintas di jalan tol ialah dengan menerapkan empat sekenario rekayasa lalu lintas tersebut. Keempat skema tersebut dinilai dapat meningkatkan kapasitas jalan tol dan membuat kecepatan kendaraan menjadi 40 kilometer per jam dibandingkan hanya menerapkan satu atau dua skema rekayasa lalu lintas. Kemudian apabila kemacetan tetap tidak dapat dihindari, pemerintah telah menyiapkan sekenario lain untuk mengantisipasinya.

“Kalau pun terjadi hambatan di jalan tol, Pertamina sudah siap dengan motor BBM-nya, tamabahan toilet di rest area, dan masyarakat bisa istirahat untuk keluar kota di jalan tol,” pungkasnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close