BeritaEkonomiKomunitasNasionalPertanianUmum

Stabilkan Harga Gula Petani, Pemerintah Diminta Habiskan Stok Gula Impor

BIMATA.ID, Kudus- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mendesak pemerintah segera menghabiskan stok gula konsumsi impor sebelum musim giling tahun 2022 dimulai. Hal itu dibutuhkan untuk menjaga stabilitas harga gula petani.

“Jika stok gula konsumsi impor dihabiskan sebelum musim giling tebu, setidaknya tidak terjadi rembesan gula impor di pasaran. Sebab, rembesan gula impor selama ini merusak harga gula petani,” kata Sekjen DPN APTRI M Nur Khabsyin, Minggu (03/04/2022).

DPN APTRI juga mendesak pemerintah untuk menugaskan importir gula agar membeli gula petani pada musim giling tahun ini agar harga di tingkat petani tetap terjaga. DPN APTRI juga menyampaikan usulan kepada pemerintah agar menaikkan besaran harga pokok pembelian (HPP) gula petani menjadi Rp12.000 per kilogram saat rapat konsultasi dengan Kementerian Perdagangan pada akhir Maret 2022.

Dia menjelaskan, HPP saat ini sebesar Rp9.100/kg tidak menguntungkan petani dan jauh di bawah biaya pokok produksi (BPP). Tingginya biaya pokok produksi tersebut terjadi mengingat adanya kenaikan ongkos pengolahan lahan, upah tenaga kerja, tebang angkut, biaya irigasi, pestisida hingga beban biaya pupuk.

Sedangkan, pupuk yang digunakan petani tebu selain bersubsidi juga menggunakan pupuk nonsubsidi seiring pembatasan jatah pupuk subsidi.

“HPP gula petani idealnya harus di atas BPP agar petani tebu tetap bisa merasakan keuntungan,” ujarnya.

Usulan HPP gula petani sebesar Rp12.000/kg tersebut dianggap masih wajar agar petani mendapatkan keuntungan yang memadai dari usaha tani tebu selama satu tahun. Harga Pokok Pembelian tersebut juga dianggap tidak memberatkan konsumen.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close