Regional

Gratis, Pemprov Sulsel Siapkan 20 Armada Angkut Pemudik

BIMATA.ID, Makassar – Pemprov Sulsel menyiapkan 20 armada yang terdiri dari 16 bus dan 4 truk sebagai kendaraan gratis bagi mahasiswa dan masyarakat yang akan mudik.

Pelepasan secara simbolis mudik tersebut digelar di pelataran rumah dinas gubernur di Jl Jenderal Sudiman, Makassar, Kamis (28/4/2022).

“Alhamdulillah, kita melepas pelaksanaan mudik gratis untuk mahasiswa dan masyarakat umum. Apalagi kita ketahui, tahun ini bapak presiden memberikan kebijakan kelonggaran pelaksanaan mudik. Tentu tingginya euforia masyarakat untuk mudik,” kata Sudirman.

Sasaran mudik gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua.

“Untuk mengurangi kemacetan dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Kita siapkan truk juga untuk mengangkut motor,” katanya.

Dalam mudik gratis ini, Pemprov Sulsel menyiapkan 20 kendaraan terdiri dari 16 unit bus dan 4 unit truk. Truk ini akan mengangkut kendaraan motor bagi pemudik yang ingin membawa kendaraannya.

“Diperkirakan melayani sekitar 1.200 orang dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum yang akan berangkat pada tanggal 28 hingga 30 April 2022. Untuk rute, di antaranya dari Makassar ke Bone, Soppeng, Wajo, Parepare, Bulukumba hingga Selayar, dan Luwu Timur, serta daerah lainnya di Sulsel,” lanjutnya.

Untuk pemudik menuju Bulukumba, titik kumpul di Terminal Cappa Bungaya, sedangkan untuk wilayah utara berkumpul di Kantor Dinas Perhubungan Sulsel.

“Kita berharap melalui mudik gratis ini, dapat membantu masyarakat untuk dapat merayakan lebaran Idul Fitri bersama sanak keluarga di kampung halaman masing-masing,” tuturnya.

Ia berharap dengan mudik gratis ini bisa menciptakan suasana hari raya yang aman, nyaman dan lancar.

“Semoga perjalanan menuju ke daerah tujuan lancar dan selamat. Salama ki tapada salama,” ucapnya usai melepas peserta mudik.

Di kesempatan ini pula, Andi Sudirman memberikan bingkisan untuk persiapan buka puasa di perjalanan bagi pemudik.

Ia pun menyempatkan berbincang bersama pemudik yang sedang di atas bus.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close