TravelBeritaEkonomiInternasionalNasionalUmum

Pemerintah Targetkan Bangun 10 Bandara Baru Dalam Dua Tahun

BIMATA.ID, Jakarta- Proyek koneksi antar pulau di Indonesia terus dilakukan pemerintah. Hal ini ditandai dengan target Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan membangun 10 bandara baru dan 43 rutes jembatan udara dalam dua tahun atau hingga 2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kemenhub, Novie Riyanto, rencana strategis kemenhub tahun 2020-2024 akan fokus pada konektivitas secara nasional, pelayanan dan keselamatan transportasi.

Ia melanjutkan, indikator pembangunan jangka menengah nasional alias RPJMN hingga 2024 yakni membangun 21 bandara baru dengan pembangunan 10 bandara baru sebagai target.

“Jadi dengan target selesai 10 bandara sampai dengan periode 2020-2024 dan pelayanan 43 rute jembatan udara,” ujarnya dalam RDP bersama komisi V DPR RI pada, Selasa (05/04/2022).

Dirinya mengatakan, Dirjen udara sudah merampungkan dua bandara baru yaitu Bandara Toraja dan Ngloram yang telah diresmikan Presiden Jokowi belum lama ini.

“Bandara (terkait) saat ini telah dioperasikan dan memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya terkait konektivitas, selanjutnya untuk target 8 bandaranya akan diselesaikan sebelum tahun 2024 kegiatan jembatan udara adalah berupa subsidi angkutan udara Perintis dan subsidi angkutan kargo,” jelasnya.

Pada tahun ini, ia mengatakan, ada 41 rute angkutan udara perintis dan satu angkutan kargo yang sebagian besar berada di papua. Nantinya, rute ini bertambah menjadi 43 pada 2024.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close