BeritaHukumPolitik

Pemerintah Segera Terbitkan Perpres Pengadaan Barang dan Jasa Logistik Pemilu

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Tito Karnavian menyampaikan, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) akan menerbitkan peraturan presiden (Perpres) untuk pengadaan barang dan jasa terkait logistik Pemilu dan Pilkada 2024.

Tito mengatakan, Perpres itu menunjukkan komitmen Pemerintah RI mendukung penuh penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Bapak presiden juga dia membuat Perpres yang spesifik mengenai pengadaan logistik Pemilu. Ini salah satu komitmen pemerintah mendukung penyelenggaraan Pemilu,” katanya, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI, KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP terkait Persiapan Tahapan, Jadwal dan Program Pemilu 2024 di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (13/04/2022).

Mantan Kapolri ini menerangkan, kehadiran Perpres tersebut akan memudahkan pengadaan logistik Pemilu yang selama ini membutuhkan waktu yang relatif lama. Ditambah lagi, pengadaan logistik ini juga terkait dengan waktu kampanye Pemilu.

Presiden Jokowi juga sudah memerintahkan Menko Polhukam RI dan Mendagri RI untuk menyiapkan aturan-aturan teknis penyelenggaraan Pemilu.

“Beliau (Jokowi) sudah memerintahkan kepada Menko Polhukam dan kami semua untuk merancang regulasi yang diperlukan (terkait Pemilu) sepanjang tidak bertentangan dengan hukum agar disiapkan, regulasi dari tingkat pemerintah. Salah satunya adalah regulasi pengadaan barang dan jasa logistik untuk Pemilu,” terang Tito.

Lebih lanjut, Tito menegaskan, Pemerintah RI berkomitmen untuk menyelenggarakan Pemilu 2024. Pemerintah RI, lanjutnya, tetap memegang teguh kesepakatan yang telah dibuat oleh Pemerintah RI, DPR RI, dan penyelenggara Pemilu pada 24 Januari 2022, yakni pemungutan suara dilaksanakan pada 14 Februari 2022.

“Kami tetap berkomitmen pada hasil RDP pada 24 Januari 2022 bahwa, Pemilu dilaksanakan pada 14 Februari 2024 dan Pilkada pada 27 November 2024,” ujarnya.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close