BeritaEkonomiHukumInternasionalNasionalTravelUmum

Pemerintah Buka 4 Bandara untuk Wisatawan Mancanegara

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tingkat pemulihan ekonomi Indonesia semakin baik. Maka, akses penerbangan internasional perlu diperluas kembali.

Luhut menilai, hal ini menjadi salah satu sektor yang perlu didorong guna meningkatkan nilai index pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan memperluas akses internasional itu, Luhut juga menyebut akan memperpanjang relaksasi visa.

“Pemerintah akan melakukan langkah-langkah antara lain membuka bandara internasional diantaranya Yogyakarta, Medan, Makassar, Pekanbaru. Dan selain itu kebijakan visa akan terus si relaksasi mendekati aturan sebelum pandemi,” ujar Luhut, Senin (04/04/2022).

Berdasarkan data global normalization index yang dikeluarkan majalah The Economist, Indonesia saat ini berada di angka 68 dari 100 sebagai kondisi normal.

“Salah satu yang masih harus perbaiki adalah kapasitas penerbangan internasional yang masih jauh dari normal,”ungkapnya.

Dirinya juga berencana akan memberikan pelonggaram lagi bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Tujuannya untuk mendorong tingkat kunjungan ke tanah air.

“Aturan tes PPLN masuk Indonesia juga akan kita relaksasi hingga jumlah penerbangan yang masuk tidak menyebabkan penumpukan di bandara,” pungkas Luhut.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close