BeritaHukum

Komisioner Komnas HAM 2022-2027 Diharapkan Punya Komitmen Kuat Terkait HAM

BIMATA.ID, Jakarta – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terpilih periode 2022-2027 diharapkan memiliki komitmen kuat terkait HAM. Baik tentang pengertian, pemajuan, penegakan, perlindungan hingga realisasi di lapangan yang menyangkut HAM.

“Pertama, yang kita tekankan kepada calon adalah komitmen mereka terhadap masalah HAM,” kata Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Komisioner Komnas HAM, Makarim Wibisono, Jumat (08/04/2022).

Selain menagih dan mencari calon yang memiliki komitmen tinggi, Makarim menerangkan, Tim Pansel akan mendalami latar belakang setiap calon. Terutama, yang bersinggungan dengan HAM.

“Jadi apakah mereka ini biasa menghadapi masalah HAM atau tidak perlu dicari tahu pula,” terangnya.

Makarim mengemukakan, aspek tersebut perlu didalami kepada setiap calon. Sebab, bukan perkara mudah bagi seseorang dalam menyelesaikan pelanggaran HAM.

Selain dua hal itu, Tim Pansel mencari atau mengharapkan adanya calon komisioner yang bisa menangkap isu-isu HAM dan mencarikan jalan keluarnya.

“Jadi kita harapkan mereka bisa mencari jalan keluar dengan segala perbedaan yang ada,” ujar mantan Direktur Jenderal Hubungan Ekonomi Luar Negeri Departemen Luar Negeri ini.

Makarim berharap, komisioner Komnas HAM berikutnya bisa memberikan solusi. Sekaligus, kepastian hukum bagi korban-korban pelanggaran HAM.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close