BeritaHeadlineHukum

Komisi Yudisial Umumkan 16 Orang Calon Hakim Agung Lolos Tes Kesehatan dan Kepribadian

BIMATA.ID, Jakarta – Komisi Yudisial (KY), mengumumkan 16 orang calon hakim agung di Mahkamah Agung (MA) yang berhasil lolos pada tahap III, yakni seleksi kesehatan dan kepribadian.

Adapun kelulusan itu ditetapkan dalam Rapat Pleno KY di Gedung Komisi Yudisial, Jakarta Pusat, Kamis, 21 April 2022.

“KY memberikan penilaian objektif sesuai dengan hasil tes yang telah dijalani oleh para peserta,” ungkap Ketua Bidang Rekrutmen Agung KY, Siti Nurdjanah, saat press conference secara daring, Jumat (22/04/2022).

Rincian para calon tersebut, imbuh Nurdjanah, terdiri delapan orang dari Kamar Pidana, dua orang dari Kamar Perdata, empat orang dari Kamar Tata Usaha Negara, dan dua orang dari Kamar Agama.

“Calon hakim agung yang lulus seleksi tahap tiga terdiri dari 12 orang dari jalur hakim karier dan 4 orang dari jalur nonkarier yang berprofesi sebagai pengacara, ASN dan hakim pajak,” imbuhnya.

Berdasarkan pendidikan, calon hakim agung yang bergelar magister sebanyak 10 orang dan 6 orang bergelar doktor

“Para calon hakim agung didominasi laki-laki sebanyak 14 orang laki-laki dan 2 orang adalah perempuan,” tandas Nurdjanah.

Selanjutnya, para calon hakim agung itu akan mengikuti seleksi wawancara dengan protokol kesehatan yang ketat pada Senin-Kamis, 25-28 April 2022 di Gedung KY. Para peserta akan diuji oleh panelis yang terdiri dari tujuh anggota KY, satu orang negarawan, dan satu orang pakar hukum.

Panelis akan menggali visi, misi, komitmen, kenegarawanan, integritas dan komitmen, wawasan pengetahuan hukum dan peradilan, serta kompetensi teknis terkait penguasaan hukum formil dan materiil.

“Tahun ini juga sebagai bentuk transparansi, KY akan memberikan kesempatan kepada publik untuk bertanya langsung kepada calon dalam proses seleksi tahap akhir wawancara terbuka ini,” katanya.

Berikut nama calon hakim agung yang lulus seleksi kesehatan dan kepribadian:

Kamar Pidana

  1. Aviantara
  2. Catur Iriantoro
  3. F Willem Saija
  4. Noor Edi Yono
  5. Subiharta
  6. Sudharmawatiningsih
  7. Suhartono
  8. Suradi

Kamar Perdata

  1. Heru Pramono
  2. Nani Indrawati

Kamar Tata Usaha Negara

  1. Cerah Bangun
  2. Doni Budiono
  3. Triyono Martanto
  4. Wishnoe Saleh Thaib

Kamar Agama

  1. Abdul Hakim
  2. Moch Sukkri

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close