BeritaPolitik

Koalisi dengan PAN-PKS-Demokrat di Pilpres 2024, Habiburokhman: Masih Sangat Terbuka

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Habiburokhman mengatakan, partainya tidak menutup kemungkinan kembali membangun koalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat seperti pemilihan presiden (Pilpres) 2019 lalu.

Koalisi tersebut sempat mengusung pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, yang menurut survei Populi Center saat ini merupakan salah satu tokoh yang menjadi favorit di masyarakat.

“Ya, segala kemungkinan masih sangat terbuka (berkoalisi dengan partai pengusung Pilpres 2019),” kata Habiburokhman, Senin (25/04/2022).

Sampai saat ini, lanjut Habiburokhman, Partai Gerindra masih menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan semua partai politik (parpol) koalisi pada Pilpres 2019. Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) ini pun menyebut, partainya bakal mengalir saja dalam mengikuti proses dan tahapan Pilpres 2024.

Meski begitu, Habiburokhman mengemukakan, partainya harus realistis dalam upaya mengusung kembali pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Sebab untuk maju dalam Pilpres 2024, Partai Gerindra perlu memenuhi ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold).

Dengan adanya koalisi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kursi calon wakil presiden (Cawapres) bakal diberikan ke pihak partai koalisi.

“Kami juga harus realistis, karena suara kami tidak cukup untuk maju sendiri, harus berkoalisi dengan partai lain, dan logikanya posisi Cawapres tentu diminta oleh partai lain,” ujar legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi DKI Jakarta I ini.

Melalui hasil survei terbaru, Populi Center menyatakan, Prabowo Subianto masih menjadi tokoh yang paling banyak dikenal atau populer dengan 92,3 persen. Lalu Sandiaga Uno berada di posisi kedua dengan 78,5 persen dan Anies Baswedan 78,1 persen.

Tidak hanya itu, Prabowo yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI merupakan tokoh yang paling banyak disukai masyarakat dengan 70,6 persen. Disusul Sandiaga 65,1 persen, Anies 58,7 persen, Ganjar Pranowo 54 persen, Ridwan Kamil 51,6 persen, Tri Rismaharini 51,1 persen, Khofifah Indar Parawansa 47 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 40,7 persen.

Dalam survei yang sama, Populi Center juga menyatakan, Sandiaga Uno yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sebagai calon wakil presiden (Cawapres) paling favorit.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close