BeritaHeadlineHukumPolitik

Ketua DPRD Cianjur Minta Presiden Jokowi Cabut Moratorium Pemekaran Daerah

BIMATA.ID, Jabar – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur meminta, agar DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar), DPR RI, dan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mencabut moratorium pemekaran daerah. Sehingga, usulan pemekaran Cianjur Selatan menjadi kabupaten mandiri dapat segera terwujud.

“Kabupaten Cianjur mengusulkan pemekaran Cianjur Selatan menjadi kabupaten mandiri, agar ada kejelasan usulan Calon Daerah Persiapan Otonom Baru (CDPOB) yang memang sudah bergulir sejak lama. Namun, hingga saat ini masih menunggu,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan, Kamis (07/04/2022).

Ganjar menyampaikan, DPRD Kabupaten Cianjur sangat mengapresiasi kunjungan yang dilakukan Tim Pansus I DPRD Provinsi Jabar ke Kabupaten Cianjur dalam rangka pembahasan usulan CDPOB Kabupaten Cianjur Selatan.

Bahkan, pihaknya bersama eksekutif di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur sudah membuat dukungan sejak dua tahun lalu.

Ganjar berharap, ada dorongan dan dukungan penuh dari DPRD Provinsi bersama Gubernur Provinsi Jabar membawa CDPOB ke arah yang lebih serius. Sehingga, Presiden Jokowi dapat segera mencabut moratorium pemekaran daerah, khususnya untuk Cianjur Selatan.

“Paling tidak ada jawaban pasti, kenapa moratorium belum dicabut, sehingga menjadi pertanyaan besar bagi kalangan masyarakat bawah, khususnya yang ingin pemekaran segera terwujud guna meningkatkan berbagai bidang pembangunan,” pungkas politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Legislator daerah pemilihan (Dapil) 1 Cianjur ini menerangkan, DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kabupaten Cianjur tidak dapat sepenuhnya memutuskan keinginan pemerintah di daerah untuk dilakukan pemekaran karena yang dapat memutuskan adalah pemerintah pusat.

Ganjar menyatakan, pihaknya bersama pemerintah daerah hanya bisa berharap keinginan atau usulan CDPOB Cianjur Selatan segera terwujud.

“Sedangkan bukti dukungan penuh Pemkab Cianjur sudah menganggarkan biaya yang cukup fantastis, termasuk berkomunikasi intens dengan Pemprov Jabar terus dilakukan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pansus I DPRD Provinsi Jabar, Sadar Muslihat menuturkan, berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk melakukan kunjungan ke wilayah selatan Cianjur yang siap dimekarkan.

Pihaknya akan meninjau langsung jalan provinsi sepanjang 1.000 kilometer menuju selatan Cianjur, yang kondisinya rusak berat dan harus segera diperbaiki sebagai upaya mendukung pemekaran.

“Kami akan melihat langsung bersama tim terkait rusaknya jalan provinsi menuju Cianjur selatan, sehingga saat rapat di provinsi dapat dibahas, termasuk rencana pemekaran agar Gubernur Jabar segera melakukan perbaikan,” tutur Sadar.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close