Berita

Kemenkes Siapkan 13.968 Fasilitas Kesehatan di Jalur Mudik Lebaran 2022

BIMATA.ID, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan, menyiapkan fasilitas kesehatan yang tersebut terdiri dari 10.292 puskesmas, 3.034 rumah sakit, 251 public safety center (PSC), 51 kantor kesehatan pelabuhan (KKP), dan 340 pos kesehatan untuk mengantisipasi adanya pemudik yang sakit atau membutuhkan pertolongan medis saat perjalanan mudik.

“Ada 13.968 fasilitas kesehatan di seluruh provinsi sudah kita siapkan untuk melayani masyarakat baik dalam perjalanan mudik maupun di daerah tujuan agar akses dan pelayanan kesehatan semakin kuat,” katanya, Kamis (21/4/2022).

Pihaknya menyebut 340 pos kesehatan di jalur mudik akan dilengkapi dengan ambulans roda dua dan empat, Adapun pos kesehatan tersebut akan ditempatkan di rest area, pintu exit tol, jalur tol, jalan raya bukan tol, dan beberapa lokasi wisata.

“Adanya pos kesehatan ini diharapkan bisa meminimalisir risiko kesehatan selama perjalanan mudik, supaya mudik sehat, aman dan nyaman,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Berdasarkan hasil survey Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub), diprediksi jumlah pemudik yang akan menggunakan angkutan laut pada masa Lebaran tahun 2022 mencapai 1,4 juta orang, Angka prediksi ini jauh meningkat dibandingkan jumlah penumpang pada masa angkutan Lebaran tahun 2020-2021 yang lalu.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close