Berita

Jelang Mudik Lebaran Tahun 2022, Menhub Pastikan Tak Ada Penyekatan

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi mengatakan berdasarkan perintah dari Presiden Joko Widodo pemberlakuan mudik lebaran tahun 2022 kali ini dilakukan secara persuasif dan humanis dan tidak ada penyekatan dan putar balik dalam pelaksanaan mudik tahun ini.

“Sekali lagi humanis dan persuasif. Tidak ada lagi penyekatan, tidak ada lagi putar balik. Kita lakukan dengan humanis dan persuasif. Ini mandat yang dimintakan Pak Presiden,” katanya, (14/04/2022).

Menurut Budi, Dengan cara ini masyarakat justru tahu bagaimana sikap dalam melakukan mudik. Akhirnya, jelas dia, justru menciptakan pelaksanaan mudik yang aman dan sehat.

“Masyarakat semakin sadar bagaimana, mereka harus bersikap dalam melakukan mudik. Kita memang harus antisipasi yang namanya SOP. SOP harus ditetapkan sejak sekarang, apapun SOP itu,” ucapnya.

Menhun mengungkapkan, berdasarkan survey Badan Litbang Kemenhub Sebanyak 85 Juta warga yang ingin melakukan mudik pada tahun ini.

Dari jumlah itu, daerah asal yang melakukan mudik berasal Jabodetabek dan Jawa Tengah. Sedangkan, daerah tujuan mudik yang terbanyak yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

“Kami dari Kemenhub dengan berkoordinasi dengan Kemenko dan seluruh stakeholder, melakukan pengawalan dan persiapan,” pungkasnya.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close