BeritaInternasional

Hong Kong Dihantam Gelombang Kelima Covid-19, Mayat Bertumpuk, Rumah Duka Kewalahan

BIMATA.ID, Jakarta- Peti mati kayu tradisional hampir habis di Hong Kong ketika pihak berwenang berupaya untuk menambah ruang di kamar mayat di saat pusat keuangan global itu dihantam gelombang Covid-19, yang membuat rumah duka kebanjiran jenazah.

“Saya belum pernah melihat begitu banyak mayat ditumpuk bersama-sama,” kata Lok Chung, (37) seorang direktur pemakaman. Chung telah bekerja sepanjang waktu, menyelenggarakan sekira 40 pemakaman sepanjang Maret, naik lebih dua kali lipat dari rata-rata 15 pemakaman dalam satu bulan.

“Saya belum pernah melihat anggota keluarga begitu sedih, sangat kecewa, sangat tidak berdaya,” kata Chung kepada Reuters.

Sejak gelombang kelima virus corona menghantam Hong Kong, kota itu telah melaporkan lebih dari satu juta infeksi dan lebih dari 8.000 kematian.

Pemandangan mayat yang ditumpuk di ruang gawat darurat di sebelah pasien telah mengejutkan banyak orang. Ini terjadi karena tempat-tempat di kamar mayat telah terisi penuh.

Chung menambahkan bahwa antrean panjang untuk memproses dokumen kematian telah menghambat pekerjaannya. Dia mengatakan bahwa klien korban Covid-19 terbarunya, keluarga seorang wanita yang meninggal pada 1 Maret, masih menunggu surat-surat untuk memungkinkan mereka mengklaim jenazah almarhum.

Hong Kong juga kekurangan replika kertas tradisional dari barang-barang, dari mobil hingga rumah dan barang-barang pribadi lainnya, yang dibakar sebagai persembahan di pemakaman Tiongkok untuk digunakan orang mati di akhirat.

Sebagian besar keterlambatan disebabkan oleh kemacetan transportasi dari kota tetangga di China selatan, Shenzhen, yang memasok banyak barang, tetapi sekarang memerangi wabah Covid-19-nya sendiri.

Perbatasan dengan Hong Kong sebagian besar ditutup karena penyakit itu.

Infeksi di antara staf di rumah duka juga menimbulkan tantangan yang signifikan, kata direktur pemakaman lainnya, Hades Chan, (31).

“Hampir seperempat orang tidak bisa bekerja. Jadi, beberapa panti harus mengumpulkan staf di antara mereka sendiri untuk tetap bekerja.”

Pejabat makanan dan Kebersihan Hong Kong Irene Young mengatakan bahwa China memasok lebih dari 95% dari 250 hingga 300 peti mati yang dibutuhkan kota itu. Ia menerima lebih dari 3.570 peti mati selama periode 14-26 Maret, setelah pemerintah Hong Kong berkoordinasi dengan otoritas Chna daratan.

Enam krematorium sekarang dijalankan hampir sepanjang waktu oleh departemen Young melakukan hampir 300 kremasi sehari, atau dua kali lipat dari biasanya.

Dan kamar mayat umum telah diperluas untuk menampung 4.600 mayat dari 1.350 sebelumnya, kata pihak berwenang.

Organisasi non-pemerintah Forget Thee Not telah bermitra dengan pembuat peti mati ramah lingkungan, LifeArt Asia, untuk menyumbangkan 300 peti mati tersebut dan 1.000 kotak pengawet ke enam rumah sakit umum.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close