BeritaRehat

Hindari 3 Kombinasi Makanan Ini saat Berbuka Puasa

BIMATA.ID, Jakarta- Setiap orang memiliki menu favorit ketika berpuka puasa. Beragam takjil, minuman manis hingga hidangan berat disajikan di meja.

Tapi, buka puasa tidak boleh sembarangan mengonsumsi aneka macam dengan jenis yang berbeda-beda. Dalam dunia medis, ternyata ada juga lho kombinasi makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat buka puasa. Apa saja makanan tersebut?

1. Buah-buahan dengan makanan berat

Berbuka puasa dengan buah-buahan memang sangat dianjurkan. Apalagi jika pilihan buah yang Anda konsumsi mengandung banyak gula. Tapi ternyata, ada satu hal penting yang harus Anda ketahui sebelumnya. Buah-buahan ternyata tidak baik jika dikonsumsi berbarengan atau berdekatan dengan makanan ‘berat’. Kandungan nutrisi pada buah jika dikombinasikan dengan mineral, lemak, dan protein yang terdapat pada makanan lain, diklaim dapat menghambat pencernaan.

2. Keju dengan kacang atau seafood dengan daging lainnya

Tubuh manusia diciptakan untuk mencerna satu jenis protein pada satu waktu. Mengonsumsi lebih dari satu bahan makanan berprotein.

3. Makanan bercita rasa asam (citrus) dengan makanan berbahan dasar susu

Asam yang terkandung pada produk susu diklaim bisa mengganggu perut Anda. Selain itu, mencampurkan protein dan pati bersamaan juga dinilai bukan ide yang bagus. Jika Anda berencana langsung menikmati makanan berat saat berbuka (misalnya daging), seimbangkanlah dengan mengonsumsi sayuran segar.

Lalu saat Anda makan untik berbuka puasa, janganlah terburu-buru. Jika tubuh Anda menerima terlalu banyak makanan secara tiba-tiba setelah kosong selama satu hari penuh, justru akan menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

Mulailah dengan beberapa buah, yogurt, sarbat atau smoothies. Setelah beberapa saat, Anda bisa menikmati hidangan utama. Ini akan memberi waktu pada perut untuk memproses dan memastikan fungsi pencernaan berjalan dengan tepat.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close