BeritaPolitik

Hasyim Asy’ari Resmi Jadi Ketua KPU RI Periode 2022-2027

BIMATA.ID, Jakarta – Hasyim Asy’ari resmi terpilih menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) periode 2022-2027 dalam rapat pleno usai dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Dirinya tak lain adalah petahana yang juga menjadi Anggota KPU RI periode 2017-2022.

Dalam acara serah terima jabatan, Hasyim sudah dipanggil dengan jabatan baru sebagai Ketua KPU RI. Para peserta pun memberikan tepuk tangan saat dirinya ingin menyampaikan pidato pertama sebagai Ketua KPU RI.

“Kita harus bekerja sama, berkolaborasi,” tutur Hasyim, dalam acara serah terima jabatan Anggota KPU di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/04/2022).

Kerja sama, sambungnya, tidak hanya antar internal KPU RI. Akan tetapi, KPU RI tentu juga harus bekerja sama dengan para peserta Pemilu, dari partai politik (parpol) hingga presiden.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah melantik tujuh Anggota KPU RI dan lima Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 12 April 2022.

Daftar Anggota KPU RI baru selain Hasyim, yaitu Betty Epsilon Idroos, Mochamad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Melasz.

Usai pelantikan, salah satu permintaan Presiden Jokowi ke KPU RI adalah mempersiapkan pendidikan politik menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024. Kepala Negara berharap, masyarakat bisa menyambut Pemilu dengan gembira sebagai pesta demokrasi rakyat.

“Jangan lagi membuat masyarakat terprovokasi oleh isu-isu politik identitas,” ucapnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close