Berita

BPBD Kota Binjai Mencatat 62 Rumah Rusak dan Listrik Padam Akibat Angin Puting Beliung

BIMATA.ID, Binjai – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, Iman Siswanto menyatakan, berdasarkan catatan yang diteri sekitar 62 rumah warga yang rusak akibat bencana alam angin puting beliung  disertai hujan deras yang melanda Kota Binjai, Sumatera Utara.

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam bencana alam yang terjadi. Kerusakan rumah warga hampir rata-rata terjadi pada bagian atap rumah. Baik itu tergolong rusak ringan hingga rusak berat,” Katanya, Rabu (20/04/2022).

Adapun puluhan rumah yang rusak akibat diterpa angin yakni tepat di Jalan Gunung Leuser, Lingkungan IV, Kelurahan Tanah Merah. Di sini ada tercatat sekitar 6 unit rumah rusak dan 2 diantaranya rusak berat.

“Kerusakan rumah paling banyak terjadi di Jalan Gunung Singgalang, Lingkungan V, Kelurahan Tanah Merah. Di sini tercatat 44 unit rumah dan 1 rumah ibadah GBKP (Fasum) mengalami kerusakan, 4 unit rumah di antaranya mengalami rusak berat,” ucapnya.

Untuk di Jalan Samanhudi, Kelurahan Bhakti Karya ada sekitar 12 unit rumah yang mengalami kerusakan, dengan rincian 3 unit mengalami rusak sedang dan 2 unit diantaranya mengalami rusak berat.

Petugas gabungan dari BPBD, Polres Binjai dan TNI serta Tagana, turun ke lokasi kejadian. Personil gabungan ini mulai berjibaku melakukan pendataan dan membantu warga memperbaiki rumah dan fasilitas lain.

“Petugas gabungan juga terlihat melakukan evakuasi terhadap warga sekitar. Mereka juga terpantau berjibaku melakukan evakuasi (membersihkan) pohon dan tiang listrik yang tumbang hingga malam hari guna mengantisipasi bahaya yang terjadi,” terangya.

Tulisan terkait

Bimata
Close