BeritaEkonomiOlahragaRegionalTravelUmum

Setelah MotoGP Mandalika, Kini Pemerintah Siapkan F1 Boat Race Danau Toba

BIMATA.ID, Jakarta- Setelah MotoGP Mandalika 2022 berakhir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, saat ini Pemerintah tengah menyiapkan Danau Toba di Sumatera Utara sebagai tuan rumah gelaran Formula One Boat Race. Untuk diketahui, Formula One ini bukan di atas sirkuit, melainkan di atas air, sesuai namanya yakni F1 Boat Race.

“Ada One Boat Race yang kita targetkan Mei 2023 mendatang, sedang dalam proses penyiapan. Termasuk kami akan mengundang Pusat Hidro-Oseanografi untuk memastikan ketersediaan instrumen survei peta ter-update dan bagan batimetri Danau Toba,”Katanya, Senin (28/03/2022).

Dirinya juga mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan, termasuk berkomunikasi dengan promotor Formula One Boat Race, yakni H2O Racing, maupun organisasi Union Internationale Motonautique (UIM).

“Tim UIM selaku world governing body (badan pengatur) dari event (acara) olahraga air dan H2O Racing selaku promotor event (acara) F1H2O (akan) ke Danau Toba pada Mei 2022 untuk memastikan kondisi perairan danau dan sarana prasarana sesuai dengan standar dan spesifikasi event (acara),” tambahnya dalam keterangan tertulis.

Selain itu, F1 Boat Race merupakan kompetisi balap perahu motor tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique (UIM). Dipromosikan oleh H2O Racing selaku promotor kegiatan, gelaran ini sering juga disebut sebagai F1 H2O.

Sandi menilai, gelaran F1 H2O akan menjadi salah satu ajang untuk mempromosikan destinasi super prioritas (SDP) Danau Toba ke seluruh dunia.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close