EkonomiBeritaNasionalUmum

Realisasi Belanja Sosial Pemerintah Mengalami Peningkatan

BIMATA.ID, Jakarta- Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengungkapkan, realisasi belanja sosial menunjukkan peningkatan dengan tersalurkannya bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 1 dan bantuan Kartu Sembako untuk penyaluran bulan Januari dan Februari serta percepatan bantuan bulan Maret.

Sedangkan untuk realisasi Belanja Non-K/L mencapai Rp93,6 triliun utamanya didukung penyaluran subsidi energi dan pembayaran pensiun/jaminan kesehatan ASN. Tak hanya itu, program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) pada tahun 2022 akan dimonitor secara intensif yang diperkirakan mencapai Rp455,62 triliun.

“Ini terdiri dari penanganan Kesehatan yaitu sebesar Rp122,54 triliun, kemudian perlindungan masyarakat sebesar Rp154,76 triliun serta penguatan pemulihan ekonomi sebesar Rp178,32 triliun,” kata Ibrahim.

Realisasi PC-PEN hingga 25 Maret mencapai Rp22,6 triliun yaitu 5 persen dari alokasi yang meliputi, kesehatan sebesar Rp0,8 triliun, kemudian Perlinmas Rp21,2 triliun dan Penguatan Pemulihan Ekonomi Rp0,6 triliun (Pariwisata dan pangan KL, dan insentif perpajakan).

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close