UmumBeritaHukumKesehatanNasional

Pemerintah Berikan Beberapa Kelonggaran Selama Ramadan

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah telah memberi sejumlah kelonggaran bagi masyarakat untuk berkegiatan selama Ramadan 2022.

Mulai dari kegiatan ibadah hingga buka puasa bersama yang tak seketat tahun-tahun sebelumnya. Pelonggaran tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan sejumlah ketentuan yang bakal diterapkan oleh pemerintah.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, meski pemerintah telah memberi kelonggaran, namun masyarakat tetap diminta tak menurunkan kewaspadaan, terutama tak abai dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Pada prinsipnya selama kita menjalankan prokes dengan baik, sebenarnya tidak apa-apa. Maka itu aktivitas seperti pergi beribadah, pergi ke pasar tidak apa-apa asal prokesnya tetap dijaga,” katanya, Senin (28/03/2022).

Menurutnya, selama dua tahun pandemi berjalan, pemerintah telah melakukan berbagai modifikasi kebijakan untuk kegiatan masyarakat. Termasuk kegiatan keagamaan di bulan Ramadan dan Idul Fitri tiba.

Kebijakan yang diambil pemerintah melalui berbagai pertimbangan itu dilakukan dalam rangka mencegah risiko penularan secara lebih masif.

“Selama 2 tahun ini sebenarnya kita sudah berpengalaman menghadapi pandemi dan melakukan kegiatan keagamaan yang dimodifikasi agar resiko penularan tidak tinggi,” ujarnya.

Atas dasar pengalaman itu, pada tahun ini pemerintah mengeluarkan kebijakan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya menjelang Ramadan. Pemerintah memastikan memberikan kelonggaran aktivitas masyarakat selama bulan puasa.

“Tahun ini kita mencoba melakukan Ramadan yang normal seperti dulu, tapi prokes tetap dijaga. Kita berinteraksi seperti dulu tapi dengan kehati-hatian,” katanya.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close