BeritaHeadlineInternasionalKesehatan

Pemandangan Tawaf di Masjidil Haram Hari Ini Padat Seperti Sebelum Pandemi

BIMATA.ID, Jakarta –  Arab Saudi melonggarkan banyak protokol COVID-19, termasuk dalam hal ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Pelonggaran protokol kesehatan ini menyebabkan kaum muslimin berbondong-bondong beribadah di dua masjid tersebut, bahkan bisa dibilang suasananya mirip sebelum pandemi menyerang.

Video yang diunggah televisi Arab Saudi Alekhbariya memperlihatkan suasana Tawaf (mengelilingi Ka’bah 7 kali berlawanan arah jarum jam) di Masjidil Haram pada Jumat (11/3) pagi.

Ribuan jemaah tampak tumpah di area Mataf (lokasi di sekeliling Ka’bah) untuk memuji nama sang pencipta dan memanjatkan doa.

Sebagian jemaah juga tampak melaksanakan ibadah di bagian pinggir Mataf. Suasananya sudah mendekati suasana sebelum pandemi terjadi: padat dan sesak.

Disisi lain, untuk masuk ke Masjidil Haram saat ini tidak diperlukan izin. Bahkan status vaksinasi juga tidak dicek lagi. Jaga jarak juga ditiadakan. Hanya saja, masker masih tetap diwajibkan.

Selain jemaah lokal yang beribadah di Masjidil Haram, jemaah umrah dari luar negeri juga tidak sedikit. Di antara mereka terdapat jemaah dari Indonesia.

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close