BeritaNasionalOlahraga

Menpora: Presiden Putuskan Indonesia Bersedia dan Siap Gelar ASEAN Para Games

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden Joko Widodo telah memutuskan bahwa Indonesia siap dan bersedia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI 2022, demikian disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali selepas mengikuti rapat kabinet terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

“Setelah kami menyampaikan tentang kesiapan dan juga penunjukan kepada Indonesia sebagai tuan rumah, akhirnya dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden tadi telah diputuskan kita siap bersedia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games,” kata Menpora dalam jumpa pers pasca rapat terbatas secara virtual.

Menpora juga menjelaskan bahwa dalam rapat terbatas ditetapkan penyelenggaraan ASEAN Para Games XI berada langsung di bawah koordinasi pemerintah pusat dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy ditunjuk sebagai Ketua Badan Pertimbangan yang beranggotakan menteri-menteri terkait.

Sebagaimana disampaikan Menpora, kesempatan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games menandai kembalinya pesta olahraga bagi atlet penyandang disabilitas itu di Asia Tenggara, lantaran edisi sebelumnya tak diselenggarakan oleh Filipina pada 2020 karena berbagai alasan diperparah dengan timbulnya pandemi COVID-19.

Lantas ASEAN Para Games XI sedianya juga dilangsungkan pada 2021 di Vietnam, bergandengan dengan SEA Games XXXI di Negeri Paman Ho itu.

Namum pandemi COVID-19 juga kembali dirasakan membuat kedua ajang itu diundur ke tahun 2022, sebelum kemudian Vietnam menyatakan ketidaksanggupan untuk menggelar ASEAN Para Games dan hanya mampu menyelenggarakan SEA Games saja.

“Sehingga diberikan kesempatan kepada negara-negara ASEAN untuk mengajukan diri,” kata Menpora.

Dalam perjalanannya Kemenpora bersama Komite Nasional Paralimpiade (NPC) Indonesia juga sudah menyampaikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah kepada Presiden Jokowi dengan lokasi Jawa Tengah, tepatnya di Surakarta dan sekitarnya, yang juga pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games VI 2011.

Keputusan penetapan Surakarta sebagai tuan rumah pengganti ASEAN Para Games 2022 sudah dikeluarkan oleh ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada 14 Januari lalu dengan jadwal awal pelaksanaan pada 20-31 Juli nanti.

“Walaupun ini sangat dekat, tetapi karena kita sudah pernah punya pengalaman menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun 2011, itu nanti akan ditempatkan di Jawa Tengah. Jadi ada Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar dan beberapat tempat yang menjadi pelaksanaan,” ujar Menpora.

 

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close