BeritaPolitik

Mahfud Nilai Sabam Sirait Pantas Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Republik Indonesia (RI), Mahfud MD menilai, sosok almarhum Sabam Sirait pantas dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Hal itu mengingat jasa dan pengabdian almarhum dalam mengisi kemerdekaan Indonesia sangat besar, khususnya dalam merawat kemajemukan bangsa dan menjaga demokrasi demi tetap tegak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kalau materi, saya kira tak ada yang ragu-lah. Secara umum dan khusus sudah selesai, layaklah Pak Sabam pahlawan nasional,” tutur Mahfud, di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/03/2022).

Mahfud menyampaikan beberapa syarat khusus dalam pemberian gelar pahlawan nasional, sebagaimana termuat dalam Pasal 26 Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Syarat tersebut antara lain, pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Tidak hanya itu, tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan, melakukan pengabdian dan perjuangan yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya dan melebihi tugas yang diembannya.

“Juga pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara, pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa,” pungkasnya.

Calon pahlawan nasional, sambung Mahfud, memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi. Selanjutnya, melakukan perjuangan yang mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional.

“Jadi, tidak ada yang meragukan Sabam Sirait untuk dijadikan pahlawan nasional. Namun, proses formal harus dilalui sesuai aturan yang berlaku,” lanjut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI ini.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) secara resmi telah mengajukan nama Sabam Sirait jadi Pahlawan Nasional 2022.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close