NasionalBeritaHukumUmum

Mahfud MD: Korupsi Tumbuh karena Pemerintah Tidak Demokratis

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menuturkan korupsi dapat tumbuh di satu negara, salah satunya karena pemerintah tidak demokratis. Menurutnya, jika negara berjalan demokratis, masalah korupsi dapat dihilangkan.

Menurutnya, hal yang dia sampaikan itu perlu menjadi perhatian utama untuk membangun pemerintahan yang baik dan bersih.

“Jika negara ingin bersih dari korupsi, maka jalankan demokrasinya dengan baik, sehingga kontrol terhadap korupsi akan berjalan baik pula,” kata Mahfud, Jumat (04/03/2022).

Selain itu, dia menyampaikan sebuah hasil penelitian dari Australia yang menemukan adanya hal kontradiktif di Indonesia. Indonesia melakukan reformasi dan demokratisasi sebagai upaya untuk membersihkan negara dari masalah korupsi. Negara-negara lain juga menunjukkan bila demokrasinya bagus, masalah korupsi bisa diselesaikan.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan hal yang kontradiktif, dimana masalah korupsi justru bertambah sejak Indonesia melakukan demokratisasi. Menurutnya, hal yang salah bukanlah demokrasi, melainkan praktek demokrasinya.

“Nah kalau sudah bicara praktek demokrasi salah, kita tidak bisa bertumpu pada satu institusi, pada eksekutif saja, legislatif saja, LSM saja, KPK saja, tidak bisa,” ujarnya.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengingatkan pada seluruh aparat untuk selalu bersinergi dalam penegakan hukum. Dia menegaskan, koordinasi adalah kunci keberhasilan penegakan hukum dalam upaya pemberantasan korupsi, sehingga perlu adanya kerjasama antar lembaga.

“Koordinasi menjadi kunci keberhasilan penegakan hukum pemberantasan korupsi, sehingga diperlukan upaya kerja bersama baik ke dalam maupun keluar,” jelasnya.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close