KesehatanBeritaHukumNasionalUmum

Kasus COVID-19 Menurun, Pemerintah Longgarkan Mobilitas Domestik dan Karantina PPLN

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan meski saat ini secara nasional situasi terus menurun namun sejumlah daerah terpantau masih dalam pengawasan pemerintah karena kasus COVID-19 terindikasi naik.

“Update situasi yang tampak saat ini menunjukkan tren kasus nasional terus menurun, angka Reproduktif virus (Rt) sudah menurun di setiap pulau besar di Indonesia. Tetapi ada 5 provinsi yang trennya sedikit meningkat yakni di Aceh, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Kalimantan Utara,”jelasnya,Senin (07/03/2022).

Sedangkan, untuk kasus kematian pada kasus Omicron sebagian besar didominasi oleh lansia dan orang dengan komorbid yang belum mendapatkan vaksinasi dosis lengkap. Berdasarkan audit kematian di RS menunjukkan penyakit penyebab kematian pada pasien COVID-19 didominasi diabetes, hipertensi dan gagal ginjal.

“Tidak semua meninggal karena COVID-19, tetapi ada juga yang meninggal dengan COVID,” terangnya.

Untuk menekan angka kematian pasien COVID-19, pemerintah bersama stakeholder terkait terus bekerja keras demi mempercepat vaksinasi dosis lengkap dan booster terutama bagi kelompok rentan seperti lansia dan orang dengan penyakit penyerta.

Masyarakat diimbau segera memanfaatkan sentra vaksinasi maupun fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksinasi dosis lengkap termasuk booster.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close