BeritaPolitik

Elektabilitas Prabowo Subianto di Jabar Masih Tinggi

BIMATA.ID, Jakarta – Survei terbaru Charta Politika menunjukkan bahwa, elektabilitas Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto, tertinggi di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI) itu mengalahkan elektabilitas tiga kandidat calon presiden (Capres) dari kepala daerah, yakni Gubernur Provinsi Jabar, Ridwan Kamil, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Gubernur Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo.

Hal tersebut merupakan survei preferensi sosial dan politik masyarakat Provinsi Jabar yang dilakukan pada tanggal 3 hingga 9 Februari 2022. Survei itu menggunakan multistage random sampling, dengan jumlah sampel sebesar 1.200 responden. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat, dan margin of error +/- 2,83%.

“Dalam simulasi calon presiden, Prabowo Subianto menjadi pilihan tertinggi di Jawa Barat. Dalam Pemilu 2014 dan 2019, Jawa Barat merupakan lumbung suara Prabowo,” kata Direktur Eksekutif Charta Politik, Yunarto Wijaya di Jakarta, Rabu (16/03/2022).

Dari survei itu, tingkat elektabilitas Prabowo berada di angka 24%. Di urutan kedua ditempati oleh Ridwan Kamil dengan tingkat elektabilitas 20,9%, lalu disusul Anies Baswedan 18%, dan Ganjar Pranowo 12%.

Kandidat Capres yang lain elektabilitas di bawah angka 5%, yakni Sandiaga Uno 3,4%, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,6%, Khofifah Indar Parawansa 1,3%, Erick Thohir 1,3%, Airlangga Hartarto 1,3%, dan Puan Maharani 1,1%. Sisanya, responden tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 14,3%.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close