Berita

BNPB Menerima Laporan Dampak Banjir dan Tanah Longsor di Balikpapan

BIMATA.ID, Balikpapan – Pelaksana tugas Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan telah menerima laporan adanya dampak bencana banjir dan tanah longsor yang  terjadi pada Rabu (16/7) di wilayah kecamatan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD, red) Kota Balikpapan menyebutkan tidak ada korban jiwa atau pun luka-luka akibat dua bencana tersebut,” katanya, Jumat (18/03/2022).

Pihaknya juga mengatakan,  bahwa peristiwa banjir pada pukul 03.00 waktu setempat itu berdampak pada 2.837 KK atau 9.194 jiwa, sedangkan tanah longsor menimpa 31 KK atau 101 jiwa.

“Peristiwa tanah longsor yang dipicu hujan lebat dan kondisi tanah labil berdampak pada 31 unit rumah,” ucapnya.

BPBD Balikpapan belum merinci kondisi rumah-rumah yang terdampak tanah longsor tersebut, sedangkan untuk banjir sebanyak 2.806 unit rumah warga terdampak dan sekolah 2 unit terendam.

“Sebaran wilayah yang terdampak banjir berada pada lima kecamatan, yaitu Kecamatan Balikpapan Tengah, Balikpapan Selatan, Balikpapan Utara, Balikpapan Kota, dan Balikpapan Barat, Saat banjir masih menggenang, tinggi muka air berkisar 40 hingga 150 cm,” jelasnya.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close