Regional

Yeti Ajak Petani Tanam Talas Beneng

Dukung Ketahanan Pangan dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat

BIMATA,ID, PATI — Petani adalah komponen penting dalam ketahanan pangan nasional, karena produksi pertaniannya bangsa Indonesia hingga saat ini mampu bertahan ditengah gempuran wabah Covid-19.

Pemerintah pun menganjurkan masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan di sekitarnya menjadi lahan produktif dengan menanam tanaman pangan mandiri seperti ubi, dan sejenisnya.

Merespon hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati dari partai Gerindra Yeti Kristianti,mengajak masyarakat untuk menanam Talas Beneng, Selain bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemic Covid-19 saat ini juga menjadi bagian dari upaya menjaga ketahanan pangan..

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi dengan cara penguatan daya beli masyarakat melalui penguatan perlindungan sosial dan dukungan terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Salah satu untuk membangkitkan perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Pati melalui sektor pertanian yakni dengan cara membudidayakan talas beneng,” kata Yetti

Dalam upaya tersebut, pihaknya telah mendampingi kelompok tani panca mandiri melakukan penanaman 10.000 bibit talas beneng di lahan milik perhutani tepatnya di Desa Regaloh Tlogowungu Pati. Pada Kamis (3/2/2022).

Yeti, menilai bahwa tanaman talas sendiri memang masih asing di kalangan petani pati, padahal talas merupakan salah satu komoditi ekspor yang cukup menjanjikan. Selain daunnya, pelepah atau batangnya juga bisa dijadikan olahan makanan, begitu juga umbinya yang mengandung banyak nutrisi.

“Potensi ekspor Talas Beneng sangat menjanjikan bila segera direalisasikan. Selain umbinya, daun talas juga bisa di panen setiap bulannya untuk bahan pembuat rokok herbal dan teh,” terangnya

Oleh karena itu, Yeti berharap pada kegiatan positif seperti ini bisa terus berkesinambungan dan bisa menjadi contoh untuk petani yang lain. Yakni dengan memanfaatkan lahan yang sudah ada, dengan menanam Talas Beneng ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat di sektor pertanian.

“Saya berharap kegiatan yang positif ini terus berkesinambungan guna membangkitkan perekonomian para petani di Pati,” tutupnya.

USMAN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close