Berita

Wamenkes Mengungkapkan Adanya Peluang Vaksinasi Dosis Keempat

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono,mengatakan kemungkinan ada peluang vaksinasi covid-19 dosis keempat di Indonesia. Penyuntikan vaksin itu dipastikan tidak dalam waktu dekat.

“Bukan tidak mungkin booster keempat diperlukan. Tapi, bukan sekarang waktunya untuk melakukan booster yang keempat,” katanya, Kamis (24/02/2022).

Pihaknya mengatakan program vaksin dosis keempat membutuhkan evaluasi mendalam melalui uji klinik epidemiologi. Fakta bahwa efek proteksi dari vaksin yang diberikan akan berkurang juga menjadi kajian.

“Karena pada masa tiga sampai enam bulan itu proteksinya sudah mulai menurun. Kalau nanti diperlukan dengan studi, terus kita evaluasi, ternyata kita butuh booster yang keempat, bukan tidak mungkin booster keempat itu perlu dilakukan,” ucapnya.

Menurut Dante, masih terlalu dini untuk memulai program vaksin keempat. Sebab, Indonesia baru memulai vaksinasi dosis ketiga, saat ini Indonesia masih fokus untuk mencapai target sasaran vaksinasi. Indonesia menargetkan 208.265.720 orang bisa terproteksi vaksin covid-19.

“Masih banyak teman-teman kita saudara-saudara kita yang belum mendapatkan vaksinasi pertama dan kedua. Itu yang kita kejar dulu supaya kita bisa mendapatkan proteksi yang lengkap,” tungkasnya.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close