NasionalBeritaEkonomiKesehatanUmum

Varian Omicron Makin Melonjak, Pemerintah Akan Percepat Penyaluran Bansos

BIMATA.ID, Jakarta- Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu menjelaskan, Indonesia ikut dilanda oleh amukan COVID-19 varian Omicron. Meskipun dampaknya tidak separah varian Delta, pemerintah berupaya mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos).

“Target kita untuk tahun 2022 dan bagaimana kita juga akan tetap fleksibel dalam konteks menghadapi varian Omicron, ini sudah kita lakukan. Untuk 2022 ini kita melakukan front loading penyaluran perlindungan masyarakat,” ujarnya pada, Kamis (10/02/2022).

Pemerintah pun akan mempercepat pencairan program keluarga harapan (PKH) triwulan II-2022 pada Februari dengan 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Pencairan Kartu Sembako juga dipercepat dengan target 18,8 juta KPM sebesar Rp 200 ribu pada Februari.

Percepatan juga dilakukan dalam penyaluran bantuan PKL Warung sebesar Rp 600 ribu untuk 1 juta, dan penyaluran BLT Dana Desa dengan target 8 juta KPM.

“Penyaluran bantuan PKL Warung sebesar Rp 600 ribu untuk 1 juta, BLT Dana Desa juga kita percepat,” jelas Febrio.

Selain itu, penyaluran Kartu Pra Kerja juga dipercepat dan diprioritaskan pada sektor-sektor terdampak dan pada level PPKM yang lebih tinggi.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close