BeritaEkonomiKesehatanNasionalSains & TekUmum

Upaya Pemerintah Transformasi Sektor Kesehatan

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah terus melakukan upaya transformasi bidang kesehatan, juga terus meningkatkan kinerjanya, antara lain meneruskan penanggulangan pandemi Covid-19, peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, upaya penurunan angka stunting, dan kebijakan-kebijakan lainnya.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata mengatakan bahwa pada tahun 2022 ini Pemerintah masih mengalokasikan anggaran yang besar untuk penanganan Covid-19, yaitu untuk vaksinasi, penanganan klaim pasien, insentif kepada tenaga kesehatan, penyediaan obat-obatan, peralatan kesehatan, termasuk berbagai upaya untuk menjaga protokol kesehatan.

Isa menilai, dinamika perkembangan kasus Covid-19 dengan munculnya berbagai varian memberikan pelajaran yang luar biasa terkait upaya yang harus disiapkan atau tindakan yang harus dilakukan untuk menangani suatu pandemi.

“Tentunya ini adalah pelajaran berharga apabila kita mampu membuat dan melakukan perubahan pada diri kita dan pada cara kita bekerja agar lebih efisien, efektif dan lebih cepat serta tepat dalam mengatasi problem-problem serupa di masa yang akan datang,” jelas Isa secara virtual, Kamis (24/02/2022).

Menurutnya, walaupun pandemi menyebabkan timbulnya semacam kondisi krisis baik itu di bidang kesehatan maupun dalam kehidupan sosial ekonomi, namun seharusnya ada manfaat yang bisa diambil dari keadaan tersebut. Menurutnya, pada setiap krisis seharusnya bisa diambil pelajaran berharga dari situasi tersebut.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close