PolitikBeritaRegionalUmum

Survei ARCI: Elektabilitas Gerindra di Jatim Berpotensi Menggeser PDIP

BIMATA.ID, Surabaya- Direktur lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt menyampaikan hasil survei terbaru partai politik di Jatim Elektabilitas Partai Gerindra mulai mendekati PDI Perjuangan (PDIP).

“Hasil survei kita, PKB saat ini nomor satu, nomor dua PDIP. Namun yang menarik, kenaikan elektabilitas yang signifikan dari Partai Gerindra yang kini mulai mendekati PDIP,” kata saat paparan survei ARCI di Surabaya, Rabu (16/02/2022).

Baihaki menilai, elektabilitas PKB saat ini masih tertinggi di Jatim dan mengalami sedikit peningkatan. Berbanding terbalik dengan PDIP yang justru menurun.

“PDIP ini mulai menurun di Jatim, kalau PKB sedikit meningkat. Faktornya bisa dikatakan ini dampak dari safari politik dari Ketum PKB di Jatim,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Baihaki, ada elektabiltas parpol yang naik drastis, yakni Partai Gerindra. Pada rilis ARCI Oktober 2021 lalu, elektabilitas Gerindra 13,5 persen. Sementara pada Januari 2022 ini, elektabilitas Gerindra naik menjadi 15,2 persen.

“Hari ini, milenial di Jatim mulai memilih Gerindra. Ini salah satu faktor yang membuat elektabilitas Gerindra naik, dan mendekati PDIP. Apalagi, faktor Ketua DPD Gerindra yang merupakan representasi NU ini juga membuat partai yang ideologinya nasionalis, juga dilirik oleh warga Nahdliyin, dalam hal ini Gerindra,” terangnya.

Menurutnya, peningkatan tren Gerindra yang terjadi di Jatim berpotensi menggeser PDIP.

“Sangat besar peluang Gerindra tidak hanya jadi partai 3 besar, tapi partai dua besar mengalahkan PDIP di Jatim,” bebernya.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close