BeritaPolitik

Rilis Survei Spin: Elektabilitas Prabowo Subianto Masih Tertinggi

BIMATA.ID, Jakarta – Lembaga riset dari Survei & Polling Indonesia (Spin), merilis hasil survei mengenai konstelasi sosial politik dan potensi tokoh-tokoh nasional dalam bursa pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Direktur Spin, Igor Dirgantara mengatakan, pihaknya pertama mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah pusat.

“Hasil survei menunjukkan ada sebesar 60,8 persen publik menilai seperti itu (puas). Sementara, sebagian kecil atau 13,7 persen menilai tidak memuaskan dan ada 20,1 persen yang menyatakan biasa saja,” katanya, dalam keterangan resmi, Senin (14/02/2022).

Terkait siapa yang paling pantas meneruskan arah pembangunan pemerintahan sekarang, mayoritas responden menyebut bahwa Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto, dianggap sosok yang paling tepat.

“Sebagian besar publik atau sekitar 20,1 persen menjawab Prabowo, Anies Baswedan 11,5 persen, Ridwan Kamil 10,3 persen, Ganjar 9,8 persen, dan seterusnya,” tandas Igor.

Igor menjelaskan, jika dari sisi kepantasan, maka Prabowo dinilai konsisten dalam menjalankan program-program pembangunan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), di bidang pertahanan dan bidang terkait lainnya.

“Secara personal juga Prabowo terlihat telah matang dan penuh pengalaman terkait pemerintahan,” jelasnya.

Spin juga menilai, mesin Partai Gerindra memiliki peran besar dalam mendongkrak penilaian publik terhadap Menteri Pertahanan (Menhan) RI tersebut.

“Kepastian ini juga yang membuat elektabilitas Prabowo kokoh di puncak elektabilitas. Hingga hari ini, belum ada peristiwa yang berarti yang mampu mendegradasi posisinya di hati rakyat,” ujar Igor.

Diketahui, survei itu dilakukan pada tanggal 31 Januari-11 Februari 2022 dengan melibatkan 1.230 responden yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan cara tatap muka dibantu lembaran kuesioner.

Survei tersebut juga menggunakan metode probability sampling dan multistage random sampling dengan margin of error (MoE) kurang lebih 2,8 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close